Breaking News
Loading...

Touchpad Laptop Rusak? Coba Tips ini Sebelum Bawa ke Tempat Servis

Touchpad merupakan salah satu perangkat yang ada di laptop. Perangkat ini bekerja dengan merespon sentuhan jari kita. Touchpad juga menjadi salah satu perangkat yang paling penting pada sebuah laptop.
Touchpad memang bisa digantikan dengan mouse. Tapi Anda harus sedia meja serta mouse pad. Tentu akan merepotkan jika Anda menggunakan laptop dengan touchpad yang rusak di pangkuan Anda.
Nah jika touchpad Anda tidak dapat digunakan, coba ikuti cara memperbaiki touchpad yang rusak di bawah ini.

1. Touchpad Tidak Sengaja di Disable

Biasanya di laptop ada tombol yang berfungsi untuk menonaktifkan touchpad. Tentunya pada tiap laptop tombolnya berbeda-beda. Pada kasus ini, kami menggunakan laptop Acer V3-371. Terdapat tombol F7 yang juga berfungsi untuk mengaktifkan / menonaktifkan touchpad. Saat kami mengakses tombol F7, touchpad pada laptop ini dapat berfungsi kembali dengan baik.
Bisa saja hal ini yang membuat touchpad Anda tidak berfungsi. Jadi cek dulu sebelum Anda membawanya ke tempat service.

2. Driver Touchpad yang Corrupt atau Butuh Update

Driver juga menjadi andil penting di tiap hardware yang ada di perangkat laptop Anda. Bisa saja driver corrupt atau tidak update yang membuat touchpad Anda tidak bekerja.
Untuk mengecek dan updatenya, Anda bisa ke device manager dengan cara klik kanan di tombol start Windows dan klik Device Manager. Lalu pilih Mice and other pointing devices, klik pada sub kategorinya dan klik kanan dan pilih Update driver. Setelah selesai update driver, restart laptop Anda. Lalu cek apakah touchpad Anda sudah berjalan normal kembali.
Jika Anda tidak memiliki koneksi internet, Anda dapat menggunakan cd atau dvd driver yang biasanya tersedia di dalam paket pembelian Anda. Browse cd tersebut dan temukan touchpad driver. Install dan ikuti instruksi selanjutnya. Sama seperti di atas, setelah proses instalasi selesai, restart laptop Anda.

3. Hardware Pada Touchpad Rusak

Kemungkinan yang terakhir adalah kerusakan pada hardware touchpad. Kerusakan ini dapat terjadi karena hardware yang sudah using atau terlalu sering overheat. Overheat biasanya terjadi karena kurangnya sirkulasi udara yang masuk pada perangkat laptop oleh sebab itu hardware touchpad Anda bisa mengalami kerusakan.
Solusinya, jika Anda dapat membongkar pasang sendiri touchpad pada laptop, Anda dapat mencari hardware touchpad di online shop. Namun pastikan dulu tipe laptop harus sama sebelum membelinya. Solusi lain adalah membawa laptop Anda ke toko atau tempat servis terdeket di kota Anda.

Kesimpulan

Pastikan Anda mencoba beberapa tips di atas sebelum membawanya ke tempat servis. Disaat genting, untuk sementar Anda bisa menggunakan mouse sebagai pengganti touchpad. Selamat mencoba!
NamaHarga di Pasaran
Logitech B100Rp 44,900
Logitech M100rRp 39,000
Logitech M100Rp 60,000
FanTech W4 RaigorRp 62,500
Warwolf Q7Rp 69,000
FanTech Z2 BatriderRp 71,000

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2014 Mamang Gaming All Right Reserved