Breaking News
Loading...

Tips atau Cara Merawat Laptop agar Tetap Awet

Tips atau Cara Merawat Laptop agar Tetap Awet


Bagi Anda yang memiliki laptop baru tetapi belum lama Anda gunakan sudah rusak pasti Anda sangatlah heran dan bingung. Kerusaskan yang Anda alami karena tidak pernah menjaga dan merawat laptop Anda. Maka dari itu saya memberikan Tips atau Cara Merawat Laptop agar Tetap Awet. Cara ini harus Anda gunakan dengan baik dan pastinya teratur. Laptop yang tidak pernah dirawat dengan baik akan mengalami kerusakan yang tak terduga. Bermain game adalah penyebab yang paling sering karena game dapat membuat laptop bekerja lebih tinggi lalu laptop akan cepat panas dan menjadi rusak. Penggunaan laptop dengan PC sangatlah berbeda jauh karena ketahanan yang baik lebih tertuju ke PC berbeda dari laptop ketahanan laptop lebih cenderung kecil. Maka jaga dan rawat laptop tersebut jangan samakan dengan PC yang kuat atau tahan lama.

Tips atau Cara Merawat Laptop agar Tetap Awet   


1. Hindari Penggunaan Laptop diatas Kasur

Penggunaan laptop diatas kasur dapat membuat laptop menjadi cepat panas dikarenakan bahan yang terbuat dari kasur sangatlah lembut. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa bahan yang digunakan dari kasur tersebut dapat menyerap panas sehingga laptop yang digunakan tidak dapat mengeluarkan udara panas melainkan mempercepat kepanasan. Jika Anda ingin mengunakan laptop diatas kasur lebih baik cari alas agar laptop tidak tersentuh langsung oleh kasur. Laptop akan mengeluarkan udara panas dan jangan sampai Anda menghalangi keluarnya udara tersebut contohnya seperti kasur. Untuk bisa lebih maksimal penggunaanya agar terjaga gunakan kipas yang sudah ada atau sudah diberikan saat Anda membeli laptop. Kipas tersebut biasanya disebut dengan kipas eksternal dan dapat membuat laptop menjadi lebih dingin.

2. Jangan Menaruh Benda Berat diatas Laptop

Menaruh benda berat diatas laptop mungkin merupakan hal yang sepele atau dibiarkan saja karena kemungkinan Anda berfikiran bahwa hal tersebut akan baik-baik saja. Namun membiarkan benda berat diatas laptop akan merusak LCD laptop. Jadi untuk Anda yang sudah terbiasanya menaruh benda berat diatas laptop lebih baik untuk sekarang Anda hindari saja. Biasanya LCD yang rusak bisa ditandai dengan keluarnya garis-garis atau kedap kedipnya laptop saat Anda menyalakan laptop. Jadi letakkan laptop ditempat yang aman dan tidak ada benda berat diatasnya jika sudah terlanjur atau sudah Anda biasa terapkan maka untuk sekarang periksa LCD Anda. Jika LCD Anda mengalami kerusakan lebih baik cepat servis LCD ke servis laptop terdekat.

3. Jangan Melepas Baterai Laptop Saat Digunakan Sambil Dicharger

Pada saat Anda bermain laptop sambil mencharger pastinya akan membuat baterai laptop menjadi menggembung. Jika sudah menggembung kemungkinan besar baterai anda rusak. Baterai yang menggembung jangan Anda paksa untuk digunakan lagi hal tersebut membuat semakin lama semakin hari laptop akan terkena dampaknya. Baterai yang menggembung biasa dialami oleh sebagian laptop lama atau laptop keluaran 2005. Tetapi untuk sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir dalam menangani masalah tersebut untuk saat ini semua pengeluaran laptop sudah lebih canggih lagi dan dapat Anda gunakan bermain laptop sambil mencharger.

Tetapi pada saat ini laptop sudah biasa sering digunkan sambil mencharger dan melepas bateraiinya. Maka saya akan menjelaskannya untuk Anda jika Anda melepas baterai laptop sambil dicharger lalu digunakan untuk bermain laptop tersebut maka tidak akan merusak laptop secara langsung. Pastinya diantara kalian sudah menggunakan cara tersebut di laptop sekarang ini. Penggunaan cara tersebut dengan sanagat lama akan membuat laptop menjadi cepat rusak dan memiliki resiko jika pada saat menggunakan cara tersebut kemudian listrik padam maka akan lebih dan lebih mempercepat keusakan laptop.

4. Bersihkan Laptop Dari Debu
Membersihkan laptop dari debu merupakan hal yang sangat simpel dan gampang sekali untuk dilakukan sampai-sampai tidak pernah dilakukan oleh sebagian orang. Mungkin orang tersebut beranggapan bahwa masalah tersebut tidaklah terlalu membuat laptop menjadi fatal atau rusak. Maka hal tersebut salah besar karena debu yang lama kelamaan menumpuk akan mengganggu kinerja laptop dan membuat laptop rusak. Jadi untuk itu bersihkanlah laptop Anda dari debu. Membersihkan laptop dari debu sebaiknya dilakukan dengan rutin dan baik. Hal tersebut dapat membantu merawat laptop dengan maksimal dan lebih bagus daripada membersihkan laptop jika sudah sangat kotor. Mungkin cara ini sangatlah sulit dilakukan maka usahakan cara ini agar Anda lakukan dengan baik dan teratur.

5. Hindarkan Laptop Dari Benda-Benda Cair

Menghindari laptop dari benda cair merupakan hal yang wajib dilakukan karena jika laptop kemasukan air akan menjadi rusak. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui hal tersebut jika laptop kemasukan air kan rusak. Maka dari itu saya akan mengingatkan cara tersebut atau tips tersebut. Saya juga akan memberikan solusi bagaimana bila laptop Anda sudah terlanjur kemasukan air. Laptop yang sudah kemasukan air pasti membuat sebagian orang panik maka hal tersebut salah. Pastikan Anda tenang dan matikan laptop Anda lepas baterai jika bisa lepas semuanya seperti hardisk atau lainya. Jika sudah keringkan laptop Anda dan tunggu hingga benar-benar kering tidak ada sedikitpun air. Merasa laptopnya sudah kering Anda bisa memasang semuanya lalu menghidupkannya lagi dan laptop pastinya sudah dapat atau bisa dihidupkan lagi. 

6. Gunakan Diruangan yang Dingin atau Hindari dari Ruangan yang Panas 

Jangan Anda menggunakan laptop diruangan yang panas kemungkinan komponen-komponen yang ada pada laptop akan terganggu dan membuat laptop rusak. Ini sama dengan cara no 1 tadi untuk menghindari laptop agar tidak panas. Ruangan yang panas akan mempercepat laptop menjadi panas karena laptop membutuhkan suhu yang dingin agar laptop bekerja maksimal dengan baik. Tetapi jika Anda sudah terlanjur atau terpaksa menggunakannya di ruangan yang panas maka saya menyarankan untuk menggunkan kipas pendingin laptop. Kipas pendingin laptop dapat membuat laptop menjadi dingin jadi lebih baik Anda menggunkannya diruangan apapun sehingga laptop tetap terjaga atau tidak mudah panas. Pendingin kipas laptop juga harus Anda gunakan pada saat Anda bermain game dilaptop.

7. Jangan Membiarkan Baterai Sampai Kosong atau sampai 0%

Penggunaan baterai harus dengan baik tidak sembarangan tetapi jika Anda menggunakan laptop hingga baterai mencapai 0% maka akan memperpendek umur baterai maksudnya akan membuat baterai laptop cepat rusak. Gunakan laptop pada saat baterai diatas 7% jika itu akan lebih baik jika laptop dibawah 7% matikan dan charger laptop tersebut hingga 100%. Jika Anda merasa hal tersebut sangat sulit Anda bisa mensettingnya di laptop atau laptop sekarang sudah mensettingnya secara otomatis. Setting yang dimaksud adalah pada saat Anda menggunkan laptop dan baterai mencapai 7% akan ada pesan untuk mematikan laptop maka matikan laptop Anda atau charger lapptop Anda.

8. Jangan Dekatkan Benda-Benda Magnet Dengan Laptop

Jauhkan laptop dari benda magnet apalagi magnet yang sanagatlah kuat dapat membuat komponen-komponen laptop seperti hardisk dan LCD dan komponen-komponen lainnya. Jadi jika Anda tidak mengetahui atau tetap meletakkan magnet didekat laptop maka lepaskan kebiasaan tersebut. 

9. Gunakan Pencerahan Laptop dengan Baik

Penggunaan pencerahan atau pencahayaan laptop dengan baik dapat membuat baterai menjadi awet mungkin hal tersebut tidaklah terlalu penting. Jika Anda membuat atau menggunkan pencerahan laptop dengan baik maka baterai akan menjadi awet dan tidak terlalu cepat boros. Baterai yang akan digunakan menjadi bagus. Maksud perkataan dari penggunaan pencahayaan dengan baik adalah gunakan pencerahan dengan tinggi 50% (stabil). Tidak hannya itu penggunaan pencerahan dengan baik dapat membuat mata tetap terjaga jika Anda menggunkannya secara berlebihan akan membuat mata menjadi sakit atau rusak.

10. Menjaga Software yang Ada di Laptop dengan Baik

Jagalah software laptop Anda dari virus atau hal-hal lainnya seperti memasang antivirus. Mungkin hal ini juga tidaklah penting karena tidak merusak hadware laptop. Tetapi masih ada hadware yang rusak karena virus yang ada dilaptop seperti rusaknya hardisk, ram dan lain-lain yang diakibatkan oleh virus. Jadi jaga laptop Anda dari virus-virus yang berbahaya atau dengan mencegahnya dan membersihkannya menggunkan anti virus yang baik. Menggunakan antivirus yang kurang baik juga membuat virus bisa tetap masuk karena virus sekarang sangatlah kuat dan lebih canggih dari sebelumnya. Saran dari saya gunkan antivirus yang berbayar atau yang pro yang lebih kuat dari virus sekarang.


Kesimpulan untuk Tips atau Merawat Laptop agar Awet adalah sering-sering membersihkan laptop dan menggunkan laptop dengan baik dan berhati-berhati. Jangan sekali-kali Anda tidak membersihkan laptop karena merawat laptop harus dengan teratur dan disiplin. Terimakasih dan sampai jumpa lagi jangan lupa untuk berkomentar jika ada hal yang ingin ditanyakan atau hal-hal yang belum Anda mengerti di tutorial ini.  

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2014 Mamang Gaming All Right Reserved